Tuesday, April 24, 2012

Mengirim Cerpen ke Media Lokal

Pernahkah anda berpikir ingin menerbitkan cerpen karya anda sendiri ke media lokal tempat anda tinggal. Walaupun belum terpikir barang kali, namun sangatlah membanggakan bila karya kita dibaca oleh orang banyak dan bahkan menuai komentar pula. Barulah terasa benar-benar menjadi seorang pengarang cerpen.

Namun, kebanyakan penulis cerpen tidak tahu bagaimana cara mengirim cerpen ke media cetak agar bisa diterbitkan. Padahal caranya sangat mudah sekali sebenarnya. Hal yang mepengaruhi sebenarnya adalah kegigihan usaha dalam mengirim. Pada akhirnya, yang berusaha yang paling bersemangatlah cerpen nya diterbitkan.

Jaminan kualitas sebuah karangan adalah garansi akan terbit segera, tapi tidaklah pula dapat dipungkiri bahwa terkadang satu kali kirim janganlah berharap bisa langsung naik. Terkadang karya kita sangat bagus sekali, ada saja masalah yang mendera, sepeti kiriman tak sampai, salah alamat atau tidak sampai ke editor cerpen yang dikirim.

Sebelum mengiimkan karya ada baiknya untuk memerhatikan betul alamat tempat berkirim. Jangan sampia salah, malahan kalau disana tertera nomor kontak tujuan, sebaiknya juga dapat dimanfaatkan. Pilihlah metode pengiriman yang lebih meyakinkan agar tulisan cerpen sampai ke editor, bisa datang langsung atau lewat email dengan konfirmasi.

No comments: